Wall Street Tertekan Isu Downgrade Uni Eropa

Headline

New York - Bursa saham Wall Street melemah pada perdagangan Jumat (13/1) dengan kekhawatiran sebagian negara Uni Eropa akan mengalami downgrade dari lembaga rating S&P.

Indeks Dow Jones turun 0,3% ke 12.422, indeks Nasdaq turun 0,5% ke 2.710, indeks S&P turun 0,4% ke 1.289. Pelemahan Dow dipimpin saham Bank of America yang turun 2,6%, saham JPMorgan turun 2,5%. Sedangkan saham Chevron naik 1,07% memimpin kenaikan di bluechip. Demikian mengutip yahoofinance.com.

"Sentimen Eropa mengurangi kestabilan di AS sehingga pasar lebih ke fokus ke dalam negeri sehingga pelemahan tidak terlalu dalam," kata Daniel Penrod, analid di California Credit Union League.

Menurut PM Prancis, rating utang negaranya akan diturunkan oleh S&P. Demikian juga dengan Italia, telah diberitahukan rating utangnya akan turun oleh S&P sendiri. Hal yang sama juga akan dialami Spanyol dan Portugal yang akan turun dua level. Sementara Austria akan turun satu level. Namun informasi ini masih sebatas dari sumber di kalangan pejabat Uni Eropa karena pihak S&P belum memberikan keterangan resmi.

"Ini baru berita awal yang telah menjadi pembicaraan secara luas sebagai reaksi yang tidak mendasar," kata Doreen Mogavero, dari Lee Mogavero Company.

0 Response to "Wall Street Tertekan Isu Downgrade Uni Eropa"

Posting Komentar