Antrian Truk di Pelabuhan Merak Capai 4 Kilometer

Headline

Banten - Ribuan truk ekspedisi dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung terlihat antri mulai dari pintu gerbang tol Jakarta-Merak hingga Pelabuhan Merak, Banten sepanjang empat kilometer. Antrian terjadi disebabkan cuaca buruk yang melanda perairan Selat Sunda belakangan ini.

"Antrian terjadi di sepanjang Jl Cikuasa Atas, Kota Cilegon hingga Pelabuhan Merak akibat cuaca buruk di perairan Selat Sunda," ujar Didi Yuliansyah, Kepala Pelaksana Harian (PLh) Manager Operasional PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Merak.

Menurutnya selama ini ombak besar disertai angin kencang terus terjadi di sekitar pelabuhan. Sehingga kapal Ro-Ro mengalami kesulitan untuk bersandar di dermaga. Selain itu jumlah kapal yang dioperasikan untuk melayani penyeberangan Merak-Bakauheni pun terbatas, yakni sebanyak 24 kapal. Sehingga antrian truk yang sudah berlangsung selama tiga hari itu terus bertambah.

"Angin bergerak dari barat dengan jarak pandang empat sampai delapan kilometer. Dan kami biasanya menyeberangkan truk rata-rata 10 ribu lebih. Namun, sekarang menurun akibat gangguan cuaca," katanya.

Sementara itu, sejumlah pengemudi truk tentunya merugi jika tidak segera menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, karena barang bawaannya sudah banyak yang rusak. Selain itu, mereka juga terancam kelaparan karena uang jalan mereka sudah habis di jalan akibat antrian yang berlangsung berhari-hari. [ANT]

0 Response to "Antrian Truk di Pelabuhan Merak Capai 4 Kilometer"

Posting Komentar