Akses ke Pantai Losari Amblas Akibat Faktor Usia

Headline

Makassar - Amblasnya jalan di pertigaan Pantai Losari tepatnya di Jl Penghibur pada Minggu (8/1) malam kemarin, disebabkan oleh adanya rembesan air yang melemahkan struktur tanah. Ditambah lagi, lokasi tersebut merupakan bekas saluran air di zaman Belanda yang sudah berusia puluhan tahun.

Seperti yang dijelaskan oleh Walikota Makassar, Ilham Arif Siradjuddin bahwa curah hujan di kota Makassar belakangan ini terbilang ekstrim. Sehingga mengakibatkan struktur tanah tidak stabil. Terlebih lagi dengan ruas jalan yang mengalami amblas tersebut tepat berada di atas pembuangan air dari darat menuju ke laut yang usianya sudah uzur.

“ Ini juga diakibatkan kerena masalah ketahanan drainase yang memang masih peninggalan Belanda. Ketebalan plat drainase hanya 20 sentimeter, sedangkan ketinggian dari aspal dengan plat beton sudah mencapai satu meter. Ditambah pula dengan beban kendaraan yang setiap hari melintas di atasnya menyebabkan saluran pelintas patah,” ujar Ilham.

Ilham menambahkan, perubahan permukaan tanah di sekitar lokasi kejadian sudah terlihat beberapa hari belakangan. Karena perubahan itu, Ilham mengaku telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar untuk melakukan pengecekan.

“ Ternyata ambruknya lebih cepat dari yang kami perkirakan, padahal sebelumnya kami sudah perintahkan untuk dilakukan perbaikan “ cetus Ilham.

Dari pantauan di lapangan, sejumlah pekerja tengah melakukan pembersihan terhadap puing – puing yang menghalangi aliran air ke laut. Kendaraan dinas pertamanan berupa truk sampah dikerahkan untuk mengangkut tanah guna menimbun lokasi yang ambrol sedalam 4,5 meter.

Setelah dilakukan penimbunan akan dilanjutkan dengan pengasapalan hingga jalan tersebut benar-benar bisa dipakai, lanjut Ilham membutuhkan waktu sekitar sebulan. Untuk itu, ia menghimbau agar pengguna jalan agar dapat bersabar dan menggunakan akses ruas jalan lain untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari. Yakni menggunakan ruas Jalan datu Museng dan Kyai Ahmad Dahlan.

Seperti diketahui, pada Minggu (8/1/2012) malam jalan aspal di Jalan Penghibur mengalami longsor sepanjang 20 meter. Longsor di beberapa bagian ini terjadi setelah hujan deras dan melumpuhkan arus lalu lintas di jalan itu. [ton]

0 Response to "Akses ke Pantai Losari Amblas Akibat Faktor Usia"

Posting Komentar