Stok AS Naik, Minyak Dunia Turun

Headline

Minyak mentah dunia melemah pada perdagangan Rabu (11/1) dengan kenaikan persediaan minyak di AS.

Minyak mentah AS jenis light sweet turun US$1,3 menjadi US$100,37 per barel untuk pengiriman Februari. Untuk minyak jenis Brent turun US$1,04 menjadi US$112,24 per barel. Demikian mengutip yahoofinance.com.

Persediaan minyak AS naik 5 juta barel pada pekan lalu atau enam kali lipat dari perkiraan pengamat. Hal ini didukung kenaikan impor minyak yang tertinggi dalam 18 bulan. Demikiaan data Energy Information Administration AS.

"Data EIA menurunkan harga minyak karena permintaan turun," kaa Peter Beutel, analis di cameronhanover.com.

Pasar juga khawatir dengan krisis utang Eropa yang masih terjadi setelah lembaga Fitch mendesak Bank Sentral Eropa membeli obligasi Uni Eropa. Hal ini untuk mendukung anggaran Italia dan menahan jatuhnya kurs euro.

Uni Eropa akan melakukan pertemuan tingkat menteri pada 23 Januari 2012. Mereka akan membahas kelanjutan ancaman penghentian impor minyak dari Iran. Jepang sebagai importir terbesar sudah mencari negara pengganti Iran untuk memenuhi kebutuhan minyak mentah.

Pasar juga menunggu hasil pertemuan tersebut. Sebab pemicu kenaikan minyak dunia berasal dari isu menghangatnya geopolitik di Iran yang telah mengembangkan program nuklir termasuk untuk persenjataan.

0 Response to "Stok AS Naik, Minyak Dunia Turun"

Posting Komentar