Anggur Merah Kurangi Risiko Kanker Payudara?

Headline

Singapura - Anggur merah mungkin dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker payudara. Berbeda dengan teori sebelumnya yang mengatakan hal sebaliknya.

Dr Chrisandra Shufelt, Assistent Director dari Women's Heart Center di Cedars-Sinai Heart Institute, mengatakan bahwa dulu para dokter percaya bahwa konsumsi alkohol berlebih dapat memicu pertumbuhan sel kanker, namun penelitian terbaru menyatakan hal sebaliknya.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Journal of Women's Health tersebut, menemukan bahwa zat kimia di kulit dan benih di buah angguh merah dapat menurunkan tingkat estrogen, dan menaikkan testosterone di antara wanita pre-menopause, yang minum sekira 240 ml anggur merah tiap malam dalam satu bulan. Uniknya, efek serupa tidak ditemukan pada anggur putih.

Studi tersebut melibatkan 36 wanita yang secara acak meminum minuman seperti Cabernet Sauvignon atau Chardonnay tiap harinya dalam satu bulan, yang kemudian ditukar dengan jenis anggur yang lain. Demikian seperti yang dikutip dari ST.

Kemudian sampel darah dikumpulkan dua kali tiap bulannya untuk mengukur tingkat hormon.

Dr Glenn D. Braunstein dari proyek penelitian ini mengatakan bahwa hasilnya tidak menyatakan bahwa anggur putih dapat menimbulkan risiko kanker payudara, namun anggur yang digunakan untuk minuman anggur putih mungkin kadar elemen perlindungannya lebih sedikit ketimbang anggur merah. [mor]


0 Response to "Anggur Merah Kurangi Risiko Kanker Payudara?"

Posting Komentar