PDIP & Demokrat Jalin Kesepahaman

Headline

Bandung – Dua partai besar di Jawa Barat, Partai Demokrat (PD) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), melakukan penjajakan awal untuk rencana koalisi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013.

Rencana besar tersebut dibuktikan oleh pertemuan masing-masing ketua partai di sebuah restoran Jepang, Kota Bandung, Selasa (10/1/2012) malam.

Ketua DPD PD Jabar Iwan Sulanjana dan Ketua DPD PDIP Jabar Rudy Harsa Tanaya bertemu dalam suasana santai. Mereka bertemu hanya berdua tanpa didampingi unsur pengurus partai, tidak seperti pertemuan politik biasanya.

Rudy Harsa menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan inisiatif bersama sebagai sesama ketua partai yang diawali niat dan tujuan baik. PDIP memang memiliki kepentingan politis terhadap PD yang menjadi pemenang pemilu.

“Ini memang inisiatif bersama pertemuan ketua partai. Diawali niat bersama dan ada tujuan baik. Kita menghargai Demokrat sebagai partai pemenang yang suaranya cukup signifikan. Kita bangun kesepahaman menghadapi Pilgub Jabar nanti,” ungkap Rudy kepada wartawan usai pertemuan, Selasa (10/1/2012).

Rudy tak menampik PDIP membuka ruang berkoalisi dengan PD. Sebagai pelopor penjaringan Balongub Jabar 2013, PDIP telah mempertontonkan para bakal calon (balon) untuk dinilai partai lain, termasuk PD. Diharapkan partai lain bisa memahami, melakukan komunikasi politik dan sinergi.

“PDIP sudah duluan membuka peluang pilkada secara terbuka dan demokratis. Langkah kita kemudian disebarkan. Nah Demokrat belum kelihatan siapa yang diusung. Ini proses awal mekanisme penjaringan. Mudah-mudahan bisa sinergis dan tampaknya bisa,” jelasnya. [ito]

0 Response to "PDIP & Demokrat Jalin Kesepahaman"

Posting Komentar